Rabu, 27 Juni 2012

#Resep Pacco


Kuliner ini adalah salah satu sajian khas daerah ortu. Disajikan dari ikan teri segar (juku mairo kalau kata orang Makassar) dan diolah dengan sangat sederhana , mungkin hampir mirip lawar di Bali. Sebenarnya juga hampir mirip dengan lawa' ikan yang juga berasal dari daerah yang sama namun bedanya, pacco tidak menggunakan kelapa goreng dalam pengolahannya. Maaf ya, resep berikut tidak akan ada takarannya, muahahahh. Semua terserah selera pembuat. So, ini resepnya:

Bahan:
  1. Ikan teri segar
  2. Jeruk nipis
  3. Jeruk sambel
  4. Lombok kecil (sesuai selera)
  5. Kacang tanah goreng
  6. Garam
Cara Membuat:
  1. Bersihkan ikan teri dari kepala dan tulangnya. Lalu cuci kembali dengan air matang.
  2. Tambahkan perasan air jeruk nipis ke ikan yang sudah bersih, sisihkan.
  3. Ulek lombok, kacang tanah, dan garam. Bisa ditambahkan penyedap rasa jika suka.
  4. Peras ikan yang sudah disisihkan tadi sampai air jeruk nipisnya hilang.
  5. Tambahkan bumbu yang sudah diulek ke dalam ikan dan tambahkan jeruk sambel. Aduk sampai rata. 
Tips:
- Ikan teri yang digunakan harus benar-benar segar, baru naik dari lautlah kalau bisa. Jika ikannya kurang segar, ikan akan amis dan mudah hancur.
- Perasan jeruk nipis yang digunakan agak banyak. Selain untuk menghilangkan bau amis, air jeruk nipis juga berfungsi untuk membunuh bakteri yang ada di ikan.

Kalau di daerah asalnya, hidangan ini biasanya disantap dengan dange, yaitu sagu yang sudah dibentuk menyerupai papan tipis lalu dibakar . Namun, dimakan dengan nasi hangat juga ga kalah nikmat. Atau dimakan begitu saja juga lezat, ga kalah sama sashimi (padahal belum pernah coba sashimi =D). Selamat mencoba.

2 komentar: