Sabtu, 21 Juli 2012

Sahur

Siapa di sini yang pernah kesiangan trus ga sahur? Nah, saya ga akan bahas bagaimana caranya biar ga bangun kesiangan pas sahur, muhahahh.

Bagi yang ga masak buat sahur *biasanya anak kosan* atau masak tapi cuma mie instan, tips ini tidak berlaku buat Anda sekalian. Berikut beberapa tips untuk mengefisiensikan waktu memasak hidangan sahur Anda dari pakar yang tadi pagi ga sahur, muhahahh.

  1. Persiapkan bumbu masak. Apalagi kalau mau masak2 heboh yang bumbunya 20 macam, ada baiknya bumbunya sudah siap. Lebih mantap lagi kalau bumbunya sudah jadi (err... bumbu instan juga dimaafkan) tapi kalau sudah dikupas dan dibersihkan juga sudah lumayan. 
  2. Kalau mau masak daging, ayam, ikan, dan lauk hewani lainnya, jangan lupa pindahkan bahannya dari freezer ke kulkas. Selain karena memang proses thawing yang benar memang seperti itu (jika proses pembekuannya lambat, maka proses thawingnya juga harus lambat) juga biar Anda ga makan daging mentah kalau Anda telat bangun buat masak :D
  3. Kalau mau bikin sebangsa perkedel (kentang, jagung, tempe, tahu, atau apa saja), adonannya bisa dipersiapkan di malam hari trus simpan di kulkas. Jadi, nanti tinggal di goreng deh pas mau sahur.
  4. Untuk beberapa jenis sayur, boleh dipotong-potong atau dipetik duluan trus tinggal disimpan di kulkas biar nanti tinggal dicemplungin ke masakan. Tapi ada juga jenis sayur yang ga cocok dipotong duluan, misalnya: kentang dan terong yang bisa menghitam kalau kelamaan kena udara trus ga cantik lagi pas dimasak.
  5. Jangan lupa masak nasi sebelum pergi tidur!
Selamat mengamalkan tips di atas. Semoga berguna dan menambah amal ibadah Anda di bulan ramadan karena bisa menyiapkan hidangan sahur buat keluarga rumah.

3 komentar:

  1. Subhanallah Wa, blogmu kok apik. *langsung pake theme yg sama*

    BalasHapus
    Balasan
    1. wogh... melu2! Emang koe nduwe blog? :p

      Hapus