Sabtu, 29 Juli 2017

Makan dan Ponakan

Sudah 2 malam ini berhasil mendudukkan ponakanku di meja makan untuk makan malam.

Yes, kayaknya saya terobsesi bikin anak kecil duduk rapi makan di meja makan, baik itu disuap ataupun makan sendiri kalau sudah bisa. Dulu, dosenku pernah cerita kalau dia tega bikin anaknya lapar kalau anaknya menolak makan dengan tertib dan tepat waktu di meja makan. Waktu itu mikirnya, iya ah, ntar kalau punya anak saya bakalan kayak gitu.

Obsesi bertambah besar setelah nonton reality show korea "Appa Odiga" dan "The return of Superman". Kalau Appa Odiga, anaknya kan sudah lumayan besar untuk bisa makan sendiri di meja makan. Sedangkan di TROS, anaknya masih usia balita dan mereka bisa tertib makan di high chair. Ku kagum sekali.

Semua pecinta tayangan korea pasti tidak ada yang tidak mengenal Song Triplet Daehan-Minguk-Manse. Usia mereka 27 bulan ketika pertama kali bergabung dengan reality show TROS. Saya pun jadi penggemar mereka bertiga. Dan yg membuat saya jatuh cinta sama adalah saat mereka makan.

Di episode pertama mereka ada adegan mereka sarapan. Bisa gitu ya, anak2 usia 27 bulan, inisiatif duduk sendiri di high chair, menunggu sarapan mereka disajikan, dan makan (fokus makan tanpa ngapa2in) dengan tenang dan tertib. Ayah mereka pasang alarm 30 menit sebagai penanda mereka harus makan dalam kurun waktu itu. Sarapan mereka pun menunya ada "daun-daun"nya, hal yg paling ga disuka sama anak kecil. Setelah nonton beberapa episode mereka, bisa diambil kesimpulan : Mereka senang sekali makan dan suka sekali sama makanan.

Panjang ya kayaknya kalau mau bahas kenapa mereka sangat tertib saat makan dan mereka cinta sekali sama makanan. Saya tidak akan bahas itu, soalnya ga kompeten dan bahasannya pasti cuma asumsi-asumsi, hehehehh. Harusnya Song Il Kook dan Jung Seung Yeon jadi ahli parenting nih kayak seleb2 di Indonesia :p

Balik lagi ke ponakan. Usaha saya membuat ponakan-ponakan saya duduk rapi dan makan, tidak sambil lari-larian beberapa kali saya coba kalau saya sedang ada kesempatan. Dan biasanya gagal, hahahh.

Dan sudah 2 malam ini saya berhasil bikin satu ponakan saya makan di meja makan. Happy dan bangga, hahahah. Yang satunya mah tetep, makan di tempat tidur depan tipi sambil tiduran T.T.

Intinya gitu, saya jadi terobsesi bikin anak kecil mau duduk dan makan dengan tenang. Tadi, segala macam mainan saya jejerin dekat meja makan. Sambil suapin, sambil jagain tangannya ga nuangin air kobokan di piringnya, sambil cerita dan puji2 kalau dia anak yg hebat kalau makan. Capek ya. Baru aunting padahal, belum parenting. Muahahahh.

Punya obsesi cara "mengasuh" anak itu sah-sah saja kan. Entah nanti bisa  terealisasi atau tidak. Belajar dulu tuh diterapkan di ponakan, ya kan? Hehehh.

Ya ampun, kumerasa tua menulis hal nyerempet parenting2 beginih.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar