Senin, 10 Desember 2012

Jalan-jalan Ke Paotere

Kalau sedang main-main ke Makassar dan tertarik dengan pasar tradisional, silahkan berkunjung ke Paotere. Pelabuhan yang juga kini telah menjadi pasar hasil laut yang terletak di derah Ujung Tanah ini telah memulai aktivitasnya sebelum matahari terbit.

Sunrise view from Paotere

Aktivitas di Pelabuhan Paotere pada pagi hari

Berbagai jenis hasil laut bisa kita beli di sini dengan harga yang lebih murah dan tentu saja kesegaran yang terjamin karena baru ditangkap malam sebelumnya. Namun, pembelian di sini memang harus dilakukan dalam jumlah yg cukup banyak karena biasanya orang-orang yang membeli memang bertujuan untuk dijual lagi. Atau kalau tidak, untuk yg berbelanja untuk rumah makan seafood atau stok di rumah dalam jangka waktu yg tertentu (seperti saya).

Ikan-ikan ukuran kecil dijual per keranjang

Udang berbagai jenis dan ukuran dijual di Paotere

Baronang, kakap, teri, lemuru, cakalang, layang adalah sedikit dari banyak jenis ikan yang bisa ditemukan di Paotere ini. Selain itu juga ada cumi-cumi, sotong, udang, dan kerang. Selain hasil laut, ada juga hasil tambak yang dijual di sini seperti bandeng dan udang galah. Untuk harganya, pintar-pintar saja menawar ;) tapi saya jamin harga seafood di sini relatif murah dibanding harga di pasar-pasar lain di Makassar.

Nah, bagi pelancong jika Anda sudah puas melihat-lihat isi pasar, Anda bisa ke rumah makan Paotere yang terletak di seberang pasar. Sajian seafood yang diolah dengan cara khas Makassar tersedia di rumah makan tersebut. Harganya juga lebih murah dibanding restoran seafood lain di Makassar.

So, baik untuk sekadar mengabadikan foto-foto pelabuhan dan pasar ikan atau untuk berkuliner masakan seafood khas Makassar, Paotere tempat pas untuk Anda kunjungi.

Hasil perburuan di Paotere setelah diolah. Sepanci cuma Rp 20ribu ;)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar