Senin, 19 Maret 2012

#firsttime Nonton Langsung Prosesi Pernikahan Adat Yogyakarta


Kemarin, tepatnya hari sabtu dan minggu (17 & 18 Maret), saya menonton secara langsung prosesi pernikahan adat Jawa, tepatnya Yogyakarta, adik sahabat saya. Bagi sebagaian orang, apalagi bagi mereka yang tinggal di Yogya pasti sudah biasa melihat prosesi seperti ini. Namun bagi saya, ini adalah pengalaman pertama jadi sangat exciting dan agak2 norak :))

Mulai dari pasang black-ktp (ditoyor orang Jawa se-Indonesia) sampai panggih pengantin. Semua prosesinya menarik perhatian saya, namun prosesi yang menurut saya paling menarik yaitu sade dawet ayu.

Sade Dawet Ayu. Saya juga baru googling untuk tahu istilah prosesi ini :D. Prosesi dimana orang tua calon mempelai wanita berjualan es dawet. Seru deh (bilangin saya emang norak karena baru pertama kali :p), apalagi untuk dapat memperoleh es dawet harus menukarkannya dengan uang-uang yang dibuat dari tanah liat. Kreweng atau pecahan genting ini sebelumnya dibagikan kepada tamu yang datang untuk kemudian ditukarkan dengan es dawet.

Orang Tua Calon Mempelai Berjualan Es Dawet


Kreweng untuk membeli es dawet

Selain itu, juga ada prosesi lempar ayam oleh Ayah mempelai wanita kepada para tamu yang hadir. Sayang sekali, saya ga dapet ayamnya. Padahal kan lumayan tuh bisa dibuat kari ayam :))

Setelah acara selesai, teman dan saudara calon mempelai kemudian pergi ke tempat siraman. "Pada ngapain?" tanyaku penasaran "Sini wa, cuci tangan sama kaki pake air siraman tadi biar cepet nikah juga" jawab salah satu. Oke deh... *eye-rolling* *lalu ke tempat siraman* *cuci tangan dan kaki* *kemudian bobo* :))

Lokasi Siraman

Itulah pengalaman pertama seorang anak Makassar yang pertama kali menonton langsung prosesi pernikahan adat jawa. Harap dimaklumkan kenorakannya.

3 komentar:

  1. wawaaa.....

    nikah sama orang jawa aja wa, biar bisa pake adat jawa nikahnya..(*lho?!),hehhee.....:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. biarpun aku nikah sama orang jawa, ntar juga tetap pake adat Makassar na... *diseriusin* Muahahahh :D

      Hapus
    2. loh?
      Bukannya bakalan ikut adatnya suami? *eh,dibahas*

      Hapus