Rabu, 27 November 2013

Mencari Karmila

"Karmila ada ga bu?" "Karmila-nya ada ga pak?" "Ada Karmila?"

Itulah saya beberapa hari lalu yang sedang berusaha mencari Karmila, novel pertama Marga T. yang terbit tahun 1971, di salah satu tempat membeli buku yang cukup terkenal di Yogya. Pertama kali berkenalan dengan Karmila waktu saya masih SD. Melalui sebuah sinetron yang ditayangkan di Indosiar saya mengenal Karmila dan Faisal, yang waktu itu diperankan oleh Paramitha Rusady dan Teddy Syach. Dulu jatuh cinta sama Teddy Syach juga gara-gara perannya sebagai Faisal (dulu ya, dulu...). Waktu itu musim banget ya kayaknya membuat sinetron yang diangkat dari novel-novel Indonesia (ah, nostalgia!). Bertahun-tahun setelah itu, entah apa yang membuat saya kembali teringat dengan Karmila. Saya kemudian membaca beberapa resensi tentang novel itu yang membuat saya jadi lebih tertarik untuk membaca novelnya. Baru beberapa hari yang lalu saya merealisasikan niat saya untuk mencari novel Marga T. itu. 

Apa yang membuat saya ingin membaca Novel Karmila? Waktu menonton sinetron Karmila waktu itu, saya masih SD (Yaelah, anak SD nonton sinetron. Ga heran gedenya hobi (nontonin) drama di kehidupan nyata XD). Pasti kapasitas berpikir pas saya SD dibandingkan sekarang pasti beda. Hmm, beda ga sih? Jadi ragu sendiri. Waktu itu saya jatuh cinta sama tokoh Faisal (toyor dah nih anak SD satu!). Lelaki brengsek yang menghamili Karmila yang akhirnya jadi sosok Ayah yang rela melakukan apa saja demi anaknya :'). Selain itu, melalui resensi yang saya baca, cerita di novel Karmila lebih kompleks karena adanya masalah agama. Seingat saya, waktu nonton sinetronnya tidak ada disinggung mengenai agama Karmila atau Faisal di situ. Apalagi dengan berlatar tahun 70-an pasti setting cerita di novel Karmila agak berbeda dengan novelnya yang bersetting 90-an. 

Sayangnya pencarian saya akan Karmila kemarin tidak berhasil. Kata penjual di beberapa kios, sudah lama sekali novel itu tidak ada. Ahh...
Ada yang tahu di mana saya bisa bertemu Karmila? Kalau ada kasih tau ya... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar