Minggu, 03 Februari 2013

Nyasar-Dalam-Gedung-Phobia

Saya selalu deg-degan kalau masuk ke mall yang baru pertama kali saya kunjungi. Sebenarnya tidak cuma Mall tapi juga gedung-gedung beasar yang di dalamnya banyak ruangan, kayak hotel, gedung perkantoran, dan rumahnya Nassar-Musdalifah (tapi yg ini saya belum pernah masuk). Saya takut nyasar dan tidak bisa keluar dari dalam gedung. Saya belum tau apa ini salah satu jenis phobia, walaupun saya juga belum sampai tahap ini sih. Dari phobialist.com saya juga tidak menemukan phobia jenis ini (malah geleng2 baca jenis-jenis phobia yang aneh bin ajaib, masa ada phobia sama tangan *tercekat*).

Sebenarnya hal ini belum terlalu mengganggu sih, cuma kadang merasa konyol sendiri. Apalagi kalau masuk bangunan sendirian. Padahal kan banyak orang yang bisa ditanya kalau misalnya pun saya akhirnya nyasar. Tetap saja kalau sudah mulai di dalam gedung pasti agak deg-degan apalagi kalau tidak berhasil menemukan jalan keluar. Kejadian yang paling traumatik (halah!) itu pas saya masuk ke Plaza Tunjungan Surabaya. Pas masuk, pede, dan karena niatnya memang cuma ngadem dan pinjam toilet jadi tidak masuk ke toko-toko di dalamnya. Sewaktu mencari pintu keluar, tiba-tiba bingung saya ada dimana, siapa saya, apa yang terjadi, dimana anakku... Oke, serius. Saya betul-betul panik dan entah kenapa saat itu saya tidak bertanya ke satpam Mall yang seingat saya saat itu banyak mondar-mandir. Dan akhirnya... Saya bisa keluar dari situ, lewat pintu masuk barang. Blah.

Jadi, apakah saya akan menghindari memasuki mall, hotel, dan bangunan apa saja yg dalamnya bisa bikin saya nyasar? Oh tentu tidak. Kalau masuk ke "tempat baru" seperti itu saya biasanya sudah siap-siap. Hafal jalan keluar, tau posisi saya dalam gedung, dan menandai tanda-tanda yang dapat memudahkan untuk menuju jalan keluar. Yah walaupun kadang juga masih sering nyasar sih. Saya jadi mikir mungkin akan lebih baik kalau saya punya GPS khusus untuk dalam gedung, ada ga sih? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar