Jumat, 11 Januari 2013

Song And You

Kemarin di radio saya mendengarkan sebuah lagu. Lagu itu kemudian mengingatkanku akan seseorang. Langsung, tanpa mikir. Setelah saya cari tahu, lagu itu berjudul Impossible yang dinyanyikan oleh James Arthur. James memang membawakan kembali lagu ini dengan lebih laki (yaiyalah, yg nyanyi laki!) setelah sebelumnya dinyanyikan oleh Shontelle dengan lebih cewek (aakkk... dihajar bolak-balik.). Oke, saya memang tidak berbakat menggantikan Bens Leo menjadi pengamat musik yang sering nongol di infotainment.

Kembali ke Impossible. Kepada siapa saya teringat dengan lagu ini? Dia adalah Osha, teman kos saya dulu. Kenapa lagu ini mengingatkan saya? Tentu saja bukan karena lirik (yang baru hari ini saya googling), dia sudah punya pacar dan saya masih suka pria. Impossible-nya Shontelle adalah satu dari banyak ringtone yang pernah dipakai Osha yang teringat di otak saya. Osha tergolong teman yang menurut saya cukup sering mengganti ringtone hp (dibanding saya yg ganti 6 bulan sampai setahun sekali, mungkin).

Jadi ini mau cerita tentang Osha atau Impossible?
Bukan keduanya. Ini tentang lagu yang tiba-tiba mengingatkan tentang seseorang dan ketika kau mendengarnya lagi dan lagi maka seseorang itu yang akan kau ingat. Tentu saya tidak membicarakan tentang romantisme yang mungkin ada di benak sebagian orang saat membicarakan lagu dan kenangan. Saya kasih contoh lainnya. Ketika saya mendengar Tentang Seseorang-nya Anda, yang ada di ingatan saya adalah sepupu saya. Kenapa? Saya ingat sekali komentarnya waktu lagu itu terputar di playlist hp saya saat kami berbagi earphone "Kau dari SMP sampai sekarang (waktu itu kami sudah sama2 kuliah) masih suka dengar lagu ini". Selanjutnya ketika mendengar lagu Tentang Seseorang, maka komentar sepupu saya itu yang teringat.

Ini bukan tentang lagu kenangan yang disengaja dan (sekali lagi) penuh romantisme. Saya teringat Intan ketika mendengar First Love-nya Nikka Costa, teringat Ayah ketika mendengar Mr.Simple-nya SuJu (ketika booming, Ayah saya sering nyanyi lagu ini. Hahahh), atau teringat Ippy ketika mendengar Owl City yang saya lupa judulnya. Tidak semua teman bahkan teman dekat mempunyai, ehm saya menyebutnya dengan, lagu pengingat. Namun ada juga yang cuma kenal sepintas tapi dia punya lagu pengingat di otakku. Sepertinya otakku yang memilih, bukan saya (catatan: kemungkinan otakku tidak menjadi satu bagian dengan diriku). Hal-hal sederhana dan biasanya tidak disengaja dapat membuat sebuah lagu menjadi lagu pengingat. Selama ini saya tidak bisa memilih lagu pengingat seseorang

Saya suka ketika sebuah lagu bisa menjadi pengingat dengan seseorang. Supaya tidak gampang melupakan atau tidak sengaja terlupakan dgn seseorang. Mengutip kalimat Kevin di Home Alone 2 "Maybe they don't forget about you, but they forget to remember you".  Kalau lagunya malah mengingatkan orang yang mau kita lupakan gimana dong? Itu sih derita masing-masing ya... :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar