Rabu, 06 Januari 2010

Tak boleh Kau Mengalun Musik Kampung!

Hah, tengah malam saya gatel pengen nulis ini. Tadi sewaktu saya baca-baca HO (percaya?) sembari dengerin radio, saya ganti-ganti frekuensi sampe nemu ada lagu yang agak cocok di telinga saya. Akhirnya saya berhenti di sebuah frekuensi. Lanjut cerita lagu terus mengalun satu demi satu (tak perlulah kusebut satu-satu), sampai kemudian giliran penyiar radio yang bekerja. Bla..bla.. satu persatu pesan-pesan yang datang dari pendengar melalui sms terus dibacakan. Lalu, sampailah kepada sebuah sms yang dibacakan.

Begini kira-kira inti dari sms pendengar itu : Saya Joko (bukan nama sebenarnya) dari antah berantah mau request lagunya Kangen Band dong yang judulnya Pujaan Hati.Lalu begini kira-kira tanggapan dari penyiar : Oh.. maaf saudara Joko di antah berantah, saya ga bisa putarin lagu dari kangen band, karena di stasiun radio ini g bisa muterin lagu-lagu dari kangen band. Oww... pikiran saya, acaranya emang buat musik mancanegara kali ye? Kasihan juga tuh yg mau dengerin kangen band, dengerin mp3nya aja deh mas. Lagian kalau diputar, bisa dipastikan saya ganti frekuensi karna memang saya tidak dapat menikmati lagu kangen band ini. And then? Ternyata setelah semua sms dari pendengar dibaca, diputarkanlah sebuah lagu, dan ternyata lagu Indonesia.
Hmm... saya kok heran? bukannya lagu Indonesia ga diputerin d acara ini? Kemudian, saya berpikir lagi dan mengingat kata2 penyiar tadi. Doh, ternyata memang khusus kangen band, lagunya tidak diputarkan disini. Huah... diskriminasi. Saya bukan penikmat lagu-lagu kengen band, tapi saya kasihan aja, di stasiun radio ini ternyata lagunya tak bisa mengalun. Belum selesai.

Ketika saya melanjutkan mendengar frekuensi ini, saya dapat fakta baru lagi bahwa ternyata Kangen Band tak sendirian, bersama Wali band, dan ST 12 ketiga band ini lagunya tak bisa diputar di statasiun radio ini. Hah! tarik benang merah, yups, band-band ini merupakan band yang kampung, alay, ancur, norak, dan segala macam cacian lain yang biasa diberikan kepada mereka. Band yang mengusung musik yang kalo orang bilang melayu-melayu begimanaaa gituh! Huih... kaget juga saya. Yang membuat saya teramat kaget karna ini adalah stasiun radio yang mengusung nama Indonesia, dimana lagu-lagu lain bisa bebas mengalun dan didengar di sini, ya kecuali 3 band itu.

Amat saya sayangkan, karna 3 band yang lagu-lagunya tak boleh diputar ini tidak lain tidak bukan adalah band Indonesia dengan personil anak Indonesia Asli. Entahlah, mungkin dengan alasan musik-musik mereka kampungan, norak, alay, dll. But, kita juga tidak bisa memungkiri kalau ketiga band itu merupakan band-band yang cukup terkenal di Indonesia. Bahkan ST 12 masuk ke dalam Metro 10 (sebuah program acara d metro tv) kategori band yang cukup terkenal (atau apalah saya lupa) di Indonesia.

Yak, sekali lagi, yang paling saya sayangkan adalah karena stasiun radio ini (ahh.. sudahlah). Stasiun radio ini bukan stasiun radio yang khusus memutarkan lagu-lagu jazz atau mancanegara saja. Semua lagu bisa diputarkan kecuali dari 3 band itu.

Mungkin, banyak stasiun radio lain yang juga tidak pernah memutar lagu-lagu dari band-band sejenis yang saya sebutkan, tapi kenapa saya ga protes? Entahlah, saya cuma mempersoalkan stasiun radio yang satu ini.

Yah, stasiun radio itu adalah RRI Pro 2 102,5 FM Jogja.

*so, bagi yg mau dengerin radio tapi ga mau ketemu sama ketiga band itu, ke frekuensi itu saja*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar