Kamis, 23 Desember 2010

Twibout: PUGS

Yah, sebelum hilang dimakan timeline *halah*, sebaiknya kita amankan!
Ini twibout (twit about) PUGS tanggal 18 Desember 2010

  • Woghh... sudah dibilangin berapa ratus kali kalau "4 sehat 5 sempurna" sudah tidak ada lagi di dunia ini.
  • Jadi, slogan "4 sehat 5 sempurna" itu sudah dikenal sejak tahun 1950. Bahwa, makanan yg bergizi adalah yg memenuhi "4 sehat 5 sempurna"
  • Nah, karena kita makin pintar, "4 sehat 5 sempurna" sudah tidak lagi relevan. Dan tahun 1994, berubah menjadi "Pedoman Umum Gizi Seimbang"
  • Dan akhirnya, pada tahun 2002, disempurnakan lagi menjadi "13 Pedoman Umum Gizi Seimbang"
  • Yes, Thirteen, lucky number. 1. Makanlah Aneka Ragam Makanan. Jangan seperti kura2 saya, makannya pelet aja :))
  • 2. Makanlah makanan u/ memenuhi kecukupan energi u/ kegiatan sehari-hari. Jgn makan porsi kuli tapi cuma tidur seharian :))
  • 3. Makanlah mknn smbr karbohidrat (nasi,mie,roti,ubi,dll) 1/2 dr kbthan energi. Ini pke hitungan dikit, tanya lbh lanjut, bayar
  • 4. Batasi konsumsi lemak dan minyak, 1/4 dr kcukupan energi. Klo tanya ttg tweet sebelum ini, bonus tanya ini juga dah
  • 5. Gunakan garam beryodium. Selain gondok, kekurangan yodium juga berdampak pada tingkat kecerdasan loh tweeps...
  • Nah, yg jrg diketahui, yodium itu zat yg mudah menguap. So, penggunaan garam beryodium baiknya sesaat sebelum makanan disantap
  • 6. Makanlah makanan sumber zat besi. Apalagi umur2 remaja seperti saya, butuh banget... Jangan makan besinya tweeps
  • Smbr zat besi: bhn pangan hewani, kacang2an, sayuran hijau. Tp, perlu diingat, yg plg baik diserap itu yg dr hewani (daging, ikan, telur)
  • 7. Berikan ASI pada bayi sampai umur 6 bulan. Salut deh sama ibu yg bisa kasih ASI Ekslusif *menjura*
  • 8. Biasakan sarapan. Jangan kyk saya tweeps, kadang dijamak sama makan siang (ˉ_ˉ")
  • 9. Minumlah air bersih, aman, & jumlahnya cukup. Jgn terapkan "sambil menyelam minum air" ya tweeps, kasihan ginjalnya klo b'lebihan
  • Kata dosen saya, manusia itu seperti kantong air berjalan krn +-60% berat badan manusia adlh air. Bisa dibayangkan bgaimana pentingnya air.
  • 10. Lakukan kegiatan fisik dan olahraga secara teratur. Yah, agak susah memang klo mau konsisten b'olahraga
  • 11. Hindari minum minuman beralkohol. Ah, ini mah ga susah ya tweeps, ya gak? *cheers* *pake wine*
  • 12. Makanlah mkanan yg aman bgi kesehatan. Klo ini mah gmpang2 susah. Mmang kita dituntut aktif mncari tau bgaimana mknn yg aman itu
  • 13. Bacalah label makanan yg dikemas. Mulai dari ingridiens, komposisi, expired date. Jgn lihat tempelan harganya doang tweeps :P
  • Eh, serius deh, membaca kandungan nilai gizi di kemasan makanan itu menyenangkan loh tweeps. Minimal kita taulah brp kalori yg kita makan.
  • Bagi yg ga mau rugi sperti saya, kita bisa membandingan nilai gizi 2 produk dgn harga yg sama. Kalau saya tentu pilih yg lebih dong...
Sekian, terima kasih :)

1 komentar:

  1. Etapi, etapi..
    4 sehat 5 sempurna itu kan, itu kan..

    BalasHapus