Selasa, 17 Maret 2009

Dari Bawah Oke Dari Atas Oke

Hmmm.. tgl 14 Maret kemaren, anak2 mapadok (mahasiswa pencinta alam kedokteran) +tempala (teman mapala, pinjam istilah org lain, huehuhue!), pergi maen ke Gunung Merapi. Ada 16 orang yg berangkat 6 mapadok+ 10 tempala. Tidak seperti biasanya pendakian mapadok yang lebih banyak pere-pere alias perempuannya, kali ini lelaki lebih banyak yaitu 14 orang and perempuan cuma 2 (me and dani). Sebenarnya pendakian ini bertujuan untuk melantik anggota baru mapadok (dani and andi, banyak kan? huehueheue), tapi sekalian bwt pendakian bersama!

Sedikit Catatan Perjalanan dari Saya.......

Kita berangkat dari kampus tercinta pukul 16.30 (jadwal sebenarnya sih 15.30, tapi karena masih berada di wilayah Indonesia, khususnya mapadok so... ngaret dah). Dengan menggunakan kendaraan andalan, mobil truk, kita berangkat menuju basecamp pendakian lewat jalur utara Merapi yaitu jalur Selo, Boyolali. Perjalanan membutuhkan waktu +/- 2 jam untuk samapi ke basecamp. Walaupun supir truknya gokil (alias bawa penumpangnya kayak lagi bukan bawa manusia tapi pasir/sapi/batu/atau apalah yg suka diangkut naik truk), kami masih dapat menikmati perjalanan full angin sambil menikmati suasana sore plus diliatin orang-orang dari mobil lain. Suhu sudah mulai agak dingin menandakan kalo kita sudah masuk ke daerah yang lebih tinggi. Dan akhirnya, kami pun sampai di basecamp pendakian Merapi.

Sesampainya di basecamp, teman2 segera melaksanakan ibadah sholat maghrib lalu setelah itu kami makan bersama (bekalnya bawa dari jogja dengan menu andalan: nasi, ayam goreng tepung, dan sayur campur-campur), ga kelupaan pak supir dan asistennya. Rencananya kita akan berangkat pukul 20.00 habis sholat isya, tapi karena para tempala ngopi-ngopi dulu (trus mereka bilang, kan panitianya kita! ya ampun... emang dah!) kita berangkat pukul 21.00. Ada seorang tempala yang membawa piala bwt naik di Merapi, katanya bwt poto-poto di atas. Selidik punya selidik, ternyata tuh piala diambil di deket markas mapadok dengan tulisan "Juara 3 lomba Nasi Kuning", lah...? No Comment dah!

Setelah berdoa kami pun memulai perjalanan kami. Karna lumayan rame, jadi kami dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok 1 (mapadok+2 tempala) dan kelompok 2 (tempala lainnya). Seperti biasa, pemandangan dari atas gunung di malam hari selalu top markotop dah! Sumpah, kheren banghet gethoo!!! Snap snap snap!*ekspresi lebai*. Fiuh, walaupun capek, tetap aja sempet-sempetnya nyanyi-nyanyi sambil jalan bareng andi ma wawan, jadilah trio kwek-kwek dengan formasi berbeda! Mana nyanyi nya kayak berasa di happy puppy, huah... mudah2an makhluk-makhluk gunung tidak terganggu dengan suara-suara kami!
Slowly but sure, kami terus melangkah melewati pos demi pos dan angin yang tambah-tambah duingin. Dan akhirnya setelah 5 jam, kami sampai di tempat nge-camp, orang2 bilang namanya pasar Bubrah. Ga' mau tunggu lama-lama, cari tempat strategis lalu kami langsung buat dome and tidur karena kelelahan. *tidur...*

Keesokan paginya, ga sempat deh liat sunrise secara bangunnya baru jam 6, mana dinginnya naudzubillah.... Sepertinya g mau bergerak saking dinginnya. Setelah buat minuman yang hangat, kami pun menuju puncak merapi. Gokil... jalurnya oks banget dah! Tambah ke atas, bau asap sulfur semakin kelihatan mengepul-ngapul. And then setelah jalan beberapa lama (ga inget waktunya).... kita sampai di puncak merapi, yeyeyeye!!! Keren dah pokoknya! Subhanallah...
Setelah puas photo-photo dan melaksanakan tujuan utama yaitu melantik anggota baru (pelantikannya agak2 lucu, huehuehue. Secara yang dilantik cuma 2 orang, rekor baru!) kami pun turun kembali ke t4 ngecamp. Dengan penuh pertimbangan dan keseimbangan (lebai........) sampai juga akhirnya.

Sampai, masak mie instan (menu andalan), istirahat bentar (ga' sempet tidur sih, secara para tempala-tempala membuat kekonyolan-kekonyolan yg bikin ketawa mulu) bersih-bersih, beres-beres, kita cabcus turun! Huhuhu.. perjalanan turun pukul 10.30 ditemanin sengatan matahari yang cukup buat menambah tingkat kecoklatan kulit! Pukul 14.00 kita sampai deh di tempat yang ada tulisan NEW SELO. Langsung dah tuh "Es teh satu bu!" + mendoan (yang lupa kubayar, ampun!! sumpah ini ketidaksengajaan, klo aku kesana lagi pasti bakalan kubayar).

Setelah itu, kemudian kita ke basecamp, bersih2 dikit (paling g' cuci muka+gosok gigi), kita balik ke Jogja.

Hua... ini pengalaman naik gunung paling enak yang pernah kualami, senang!
Mudah-mudahan kapan-kapan bisa kesana lagi, I hope So!

Oh iy lupa, kenapa judulnya "Dari Bawah Oke Dari Atas Oke", karena dari bawah(tempat mana aja merapi terlihat) kita melihat merapi keren abis, begitu juga sebaliknya, dari atas (Merapi) kita melihat ke bawah g' kalah kerennya!